Minggu, 06 Maret 2011

Nafas Untuk Gilang

Gilang memegang foto Rontgen paru-parunya, bagian yang berwarna hitam  merupakan paru-paru sebelah kiri dengan kondisi yang lebih baik dari paru-paru sebelah kanan.  Dokter menyarankan untuk melakukan operasi pada paru-paru sebelah kanan sebagai upaya penyembuhan sebelum merusak organ sebelahnya.
 
Gilang saat batuk dan mengeluarkan lendir kedalam toples yang berisi karbol. Dalam satu hari, dua buah toples terisi penuh dengan lendir, dahak dan bercak darah.
 
Penyakit TB Paru (Tuberculosis) dan Bronkiektasis mulai merenggut kebahagiaan Gilang  sejak bulan Oktober 2010, sejak saat itu Gilang menghentikan kegiatan belajar di sekolah. Penyakit itu terus dan terus menggerogoti paru-paru sebelah kanan. Sesekali, disusul dengan batuk darah.


Gilang sudah tiga kali dirawat di Rumah Sakit Fatmawati. Pertama pada bulan Oktober 2010 selama 1 minggu, disusul pada bulan November 2010 selama 1 minggu dan terakhir pada bulan januari 2011 selama 3 minggu dengan total pengeluaran sebesar Rp. 8.300.000. Biaya tersebut sudah mendapat keringanan 50% dari Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan.
 
Sampai sasat ini, setelah menjalani perawatan terakhir di Rumah Sakit Fatmawati, Gilang harus menjalani medical check up setiap hari senin di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Sekali medical check up ibunda Gilang yaitu Suyanti harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp.200.000, itu sudah mendapat keringanan 50% dari Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
Suyanti, ibunda Gilang
 
Seluruh biaya rawat di rumah sakit dan medical check up di atas mungkin terdengar kecil bagi sebagian orang yg berpenghasilan lebih. Namun bagi keluarga Gilang adalah cerita yang lain, dengan penghasilan ayahnya sekitar Rp1.200.000 /bulan. Penghasilan tersebut belum dipotong biaya sewa rumah sebesar Rp. 500.000, biaya Sekolah Lintang (kakak perempuan Gilang), biaya sekolah Furkon (adik lelaki Gilang) , biaya hidup Zahra (adik perempuan Gilang yang berusia 3.5 tahun), biaya untuk makan dan biaya berobat Gilang.
 
Namun Gilang masih harus menghadapi satu proses untuk penyembuhan, yaitu operasi pengangkatan luka-luka di paru-paru sebelah kanan. “saya sudah habis-habisan untuk biaya pengobatan Gilang. Ya walaupun mendapat keringanan 50% dari SKTM, saya masih bingung mencari uang dari mana untuk membayar sisanya,” ucap Suyanti.
 
Sebuah ironi yang menorehkan luka bagi keluarga Gilang. Sebuah luka yang penuh dengan keihkhlasan, ketabahan dan  kegigihan Orangtua Gilang yang berjuang untuk mengumpulkan kembali kepingan nafas-nafas Gilang yang berserakan.

Terima kasih atas bantuan dari kawan-kawan, kini Gilang dalam perwatan di Rs Persahabatan untuk dilakukan tindakan Bronkoskopi pada hari Kamis, 31 maret 2011.
Kini sebuah do'a begitu berarti untuk kebaikan Gilang 


Terima kasih,
Yoppy Pieter - Prabu Klana Swadana
 

6 komentar:

  1. Semoga segera diberi kesembuhan dan mendapatkan bantuan...

    BalasHapus
  2. Semoga cepat sembuh ya Gilang kami tersayang..

    BalasHapus
  3. punya nomor rekening mandiri mas?
    semoga dik gilang mendapat rahmat-Nya, semoga cepet sembuh dik gilang

    BalasHapus
  4. Dari Bapaknya Zacky Rivo Rhamadhan: semoga lekas diangkat dan dijauhkan kembali dari penyakitnya???? teman kecilmu di rumah sakit (RSP)

    BalasHapus
  5. zacky sekeluaga ingin melihatmu kembali ceria.. doa kami bersamamu

    BalasHapus
  6. terima kasih teman2.. berikut saya tampilkan kembali no rekening yg bisa di tranfer. dan segera sy akan postingkan perkembangan gilang

    BalasHapus